Inspirasi

4 Lauk Pendamping Nasi Liwet Sunda Bikin Kalap

Nasi liwet adalah salah satu menu khas dari Sunda yang disebut juga dengan ‘ngaliwet’. Nasi liwet ini awalnya merupakan kebiasaan masyarakat Sunda membawa bekal untuk bercocok tanam karena jauh dari rumah. Selain itu, kebiasaan ngaliwet ini memiliki makna mendalam dan menarik untuk makan bancakan atau tradisi makan bersama dalam satu alas makan.

Dilansir dari kompas.com, Teddi Muhtadin, salah satu Dosen Sastra Sunda Universitas Padjajaran, menyebutkan bahwa menu nasi liwet sunda memiliki bumbu dasar dengan garam, bawang merah, bawang putih, serta rempah – rempah lain seperti serai, lengkuas, cabai, minyak kelapa, dan ikan – ikanan.

Source: gencil.news.com 

Memang, salah satu lauk khas liwetan menggunakan ikan asin, namun ikan apa saja sebenarnya bisa dijadikan sesuai selera. Berikut beberapa lauk pendamping untuk menikmati nasi liwet yang bisa anda jadikan inspirasi menu nasi liwet Sunda untuk anda sekeluarga.

Varian Lauk Pendamping Nasi Liwet

Ikan Asin Jambal Roti

Nasi liwet pastinya akan terasa makin sedap dan wangi jika menggunakan banyak rempah dan juga potongan – potongan lauk didalamnya. Salah satunya adalah Ikan Asin Jambar Roti. Dengan tambahan ikan asin jamba roti, di jamin aroma dan rasa nasi liwet akan semakin gurih, wangi, dan menggoda. Sehingga akan semakit menghangatkan apapun acara makan – makan bersama keluarga, sahabat, rekan kerja, maupun arisan.

 

Source: https://kompas.com/

Tahu Tempe Goreng

Orang Indonesia rasanya kurang lengkap jika tidak menggunakan tahu dan tempe goreng sebagai lauk, tak terkecuali sebagai lauk nasi liwet. Rasanya yang nikmat, empuk, nilai gizi yang cukup tinggi, dan harga yang sangat terjangkau membuat tahu rempe dipakai sebagai lauk di hampir semua masakan Indonesia. Untuk menyiapkan tahu dan tempe goreng sebagai lauk istimewa nasi liwet, marinasi tempe dan tahu terlebih dahulu menggunakan bawang putih, garam, dan ketumbar selama 10 menit. Goreng hingga garing, kemudian sajikan sebagai lauk pendamping nasi liwetmu.

 

 

Source: https://www.suara.com/

Tumis Oncom Leunca

Menu lauk pauk ala Sunda memang tak bisa lepas dari sayur mayur. Tak heran jika untuk menyajikan nasi liwet pun, wajib rasanya menyajikan juga sayuran pendamping, salah satunya olahan tumis oncom leunca yang merupakan hidangan rumahan ala Sunda yang sederhana, murah, namun penuh dengan gizi.

 

Source: kabarindah.com/

Lalapan

Rasanya kurang lengkap jika menyajikan menu khas Sunda tanpa adanya lalapan mentah untuk dilahap bersama nasi liwet hangat. Siapkan beberapa sayuran yang nikmat dan segar untuk mendampingi nasi liwetmu seperti selada, kubis, daun kemangi, timun, dan sebagainya.

 

Source: https://www.sehatq.com/

Nasi Liwet ala Kokikit

Jika saat ini, kamu ingin menikmati seporsi nasi liwet khas Sunda tapi terlalu mager untuk memasaknya terlebih dahulu, kamu bisa mencoba Nasi Liwet ala Indra Bekti dari Kokikit, dengan cara melakukan pemesanan di Kokikit lewat website, whatsapp, gofood, dan platform lainnya. Nasi Liwet yang kami sediakan di olah oleh chef professional yang menjaga rasa Nasi Liwet yang otentik dan terjamin rasanya.

Source: Dokumentasi Kokikit

Related Posts