Sebagai orang Indonesia, tentu memakan nasi tanpa lauk yang digoreng akan terasa kurang atau tidak ada lauk pauknya. Memang, lauk pauk yang digoreng menggugah selera. Namun jika tidak dikontrol dan terlalu sering makan goreng juga akan berdampak buruk untuk kesehatan.

Selain itu, dilansir dari Hello sehat, ada banyak kemungkinan buruk jika terlalu banyak mengkonsumsi gorengan. Beberapa kemungkinan tersebut termasuk memicu diabetes, jantung koroner, obesitas, stroke, dan banyak penyakit lainnya.

Source: hellosehat.com 

Alternatif Lauk Pauk Tanpa di Goreng 

Nah, untuk kamu yang sedang menghindari atau mengurangi lauk pauk yang digoreng, berikut ini beberapa alternative cara menyiapkan lauk pauk lezat yang bisa anda nikmati tanpa goreng.

Lauk Pauk Kukus

Mengukus adalah teknik mengolah lauk pauk termudah. Teknik ini benar – benar bisa memangkas banyak kalori kecuali jika anda menambahkan banyak bumbu. Teknik di kukus atau di tim ini bisa dipakai untuk memanggang ikan, ayam, daging sapi, dan sebagainya.

Source: https://style.tribunnews.com/

Lauk Pauk Panggang

Memanggang memang menjadi alternative terbaik jika anda saat ini sedang diet atau yang mengurangi gorengan. Apalagi, teknik memanggang dapat memotong kalori lauk pauk lebih banyak dibandingkan di goreng. Anda dapat mencoba daging ayam, sapi, ikan, bebek, tempe, dan lauk lainnya setelah di balur bumbu khas untuk memanggang seperti bumbu barbeque, bumbu teriyaki, atau membuat bumbu dari campuran cabai, lemon, madu, kecap, maupun campuran bumbu lainnya.  

Source: https://www.kompas.com/

Lauk Pauk Bacem

Bacem sebenarnya teknik memasak khas Jawa Tengah yang biasa digunakan oleh masyarakat untuk mengolah lauk pauknya. Bacem atau disebut baceman ini adalah teknik memasak lauk seperti telur rebus, tempe, atau tahu dengan bumbu – bumbu penuh rempah, kecap, dan gula merah. Bumbu baceman ini rasanya manis dan gurih, dan digunakan sebagai lauk gudeg juga.

Source: winnetnews.com/

Lauk Pauk Pepes

Pepes juga bisa dipilih untuk teknik memasak lauk tanpa di goreng dan sangat lezat. Lauk pauk termasuk jamur, ikan, tahu, ayam dan sebagainya bisa diberi bumbu serta rempah dalam balutan daun pisang atau kertas aluminium foil.  

Source: https://www.idntimes.com/

Lauk Pauk Semur

Semur juga menjadi cara memasak yang baik untuk menyajikan lauk pauk tanpa didoreng. Apapun lauknya, baik daging ayam, daging sapi, tahu, tempe, maupun telur dengan kecp manis dan bumbu semur lainnya. Akan lebih nikmat jika ditambah sayuran seperti kentang untuk tambahan rasa dan vitamin.

Source: http://kompas.com/

Itu dia beberapa rekomendasi alternatif penyajian lauk pauk tanpa di goreng. Tapi, jika anda tidak ingin ribet, cek beberapa lauk pilihan dari Kokikit, ada beberapa pilihan lauk pauk yang minim penggunaan minyak dan di olah oleh tangan professional.