Daging merah memang selalu menjadi menu favorit hampir semua orang. Rasanya yang lezat, tinggi protein, dan mudah diolah menjadi menu apapun menjadi alasan mengapa daging jenis ini sangat populer. Salah satu jenis daging merah yang banyak diminati adalah daging kambing dan daging sapi. Keduanya tidak hanya memiliki kadar protein tinggi, namun juga nilai gizi yang variatif.

Source: orami.com 

Tapi, dari keduanya, mana yang lebih sehat? Simak penjelasan yang sudah dilansir dari laman halodoc berikut ini, ya.

.

Nutrisi Daging Kambing vs Daging Sapi

Langkah pertama yang bisa dipertimbangkan sebelum memilih daging sapi atau daging kambing adalah kandungan nutrisi keduanya. Menurut data yang dihimpun oleh Direktorat Gizi Departemen Kesehatan RI (1981) dalam Soputan 2004, berikut perbedaan daftar nutrisi dalam daging kambing dan daging sapi per 100 gramnya.

Nutrisi Daging Sapi

– Kalori total 207,00 kal

– Protein sejumlah 18,80 g

– Lemak sejumlah 14,00 g

– Karbohidrat sejumlah 0 g

– Kalsium sejumlah 11,00 mg

– Fosfor sejumlah 170,00 mg

– Besi sejumlah 2,80 mg

– Vitamin A sejumlah 30,00 SI

– Vitamin B1 sejumlah 0,08 mg

– Vitamin C sejumlah 0 mg

– Air sejumlah 66,00 mg

– Kolesterol sejumlah 90 mg

Nutrisi Daging Kambing

– Kalori total 154,00 kal

– Protein sejumlah 16,60 g

– Lemak sejumlah 9,20 g

– Karbohidrat sejumlah 0 g

– Kalsium sejumlah 11,00 mg

– Fosfor sejumlah 124,00 mg

– Besi sejumlah 1,00 mg

– Vitamin A sejumlah 0 SI

– Vitamin B1 sejumlah 0,09 mg

– Vitamin C sejumlah 0 mg

– Air sejumlah 70,30 mg

– Kolesterol sejumlah 75 mg

Source: https://tribun.com/

Manfaat Daging Kambing vs Daging Sapi

Setelah mengetahui kandungan nutrisi dari masing – masing daging tersebut, langkah selanjutnya adalah membandingkan manfaatkan yang ditawarkan keduanya. Untuk daging kambing sendiri memang sudah sangat populer sebagai sumber lauk dan protein hewani di kawasan Timur Tengah, dan juga Indonesia.

Meski dikenal sebagai makanan tinggi kolestero, tapi daging kambing ini rendah lemak dan mengandung banyak protein disbanding daging sapi. Selain itu, kandungan lemak jenuh dan kolesterol yang rendah, ditambah dengan zat besi dan protein yang tinggi membuat daging kambing menjadi pilihan yang baik untuk mereka yang suka dengan cita rasa daging merah namun ingin menjaga berat badan dan menjaga kadar kolesterol agar tidak naik.

Manfaat lain dari daging kambing secara umum adalah menunrunkan resiko peradangan pada pembuluh darah, mencegah kanker, menstabilkan detak jantung, dan mencegah anemia. Sedangkan daging sapi baik untuk pembentukan masa otot dan baik dikonsumsi saat masa pertumbuhan anak – anak dan remaja. Daging ini juga dapat mempertajam daya ingat karena kandungan vitamin B kompleksnya.

Source: https://cnnindonesia.com/

Lebih Sehat Mana?

Kedua daging merah itu memberikan manfaat masing – masing dan kandungan nutrisi yang berbeda. Sehingga anda dapat menimbang sendiri daging mana yang paling cocok untuk anda karena keduanya masih termasuk daging yang sehat untuk dikonsumsi. Namun jika anda sedang ingin mengkonsumsi daging kambing, cobalah untuk memesan Nasi Instan Kokikit varian nasi kebuli dengan daging kambing ungkep. Dijamin endues.

Source: https://ibudanbalita.com/