Pandemi Covid-19 hingga kini masih berlangsung. Bahkan, kasus positif Covid-19 makin meningkat. Data dari Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 hingga Rabu (9/2/2022) pukul 12.00 WIB menunjukkan, ada penambahan 46.843 kasus baru Covid-19 dalam 24 jam terakhir. Penambahan tersebut menyebabkan total kasus Covid-19 di Indonesia saat ini mencapai 4.626.936. 

Maka itu, disarankan bagi Anda untuk tetap mentaati protokol Kesehatan, tetap menjaga kebersihan dan terus meningkatkan imunitas tubuh, salah satunya dengan mengkonsumsi makanan sehat.

Source: kontan.com 

Jika Anda mengalami sederet gejala Omicron yang saat ini merupakan varian terbaru Covid-19, seperti hidung meler, bersin-bersin, sakit tenggorokan, kadang-kadang berkeringat di malam hari, sakit kepala, dan merasa kelelahan. Tentu rasanya susah dan tak bernafsu untuk makan.

Direktur Institute for Autoimmune and Rheumatic Disease di Saint Joseph Health Dr. Robert G. Lahita mengatakan, secara medis, orang yang terinfeksi Covid-19 karena Omicron atau Delta, atau sekedar sakit influenza biasa memang tidak terlalu punya nafsu makan. “Apalagi dengan Omicron, yang membuat tenggorokan sakit. Saat minum cairan pun terasa sakit. Sakit di tenggorokan ditambah tidak nafsu makan serta tubuh yang terasa sakit,” ujar Dr. Robert.

Lantas, apa saja makanan yang disarankan bagi pasien Covid-19? Berikut enam jenis makanan yang disarankan Dr. Robert untuk dikonsumsi saat Anda mulai mengalami gejala Omicron, agar tubuh tetap ternutrisi dengan baik. Dirangkum melalui Eat This.

Eskrim

Dr Bob menyebutkan, es krim sebenarnya bisa menjadi pengisi perut yang mudah turun ketika Anda sedang sakit tenggorokan yang parah. Makan es krim memberikan tubuh glukosa dan protein. Tapi ingat, makanan satu ini hanya untuk yang tak menderita diabetes ya.

Source: https://grid.com/

Sup dan Makanan Berkuah Kaldu

Sup dan makanan berkuah adalah easy meal, tipe makanan yang mudah masuk melewati tenggorokan dan benar-benar pengganti elektrolit yang bagus. Sup mengandung protein dan sayuran di dalamnya yang bisa membantu memberi tubuh beberapa nutrisi yang dibutuhkan saat melawan infeksi.

Source: https://okezone.com/

Yoghurt

Salah satu makanan terbaik yang bisa dimakan ketika mengalami gejala Omicron adalah yogurt. Lembut, dingin, terasa enak di tenggorokan dan mengandung protein untuk membuat kita kenyang. “Makan yogurt dengan granola dan beberapa potong pisang kecil-kecil untuk mendapatkan potasium,” saran Dr. Robert.

Source: https://ygi.or.id/

Sayuran 

Dr. Robert menyarankan untuk rajin mengonsumsi sayuran jenis seperti brokoli dan kubis, kubis Brussel yang enak yang bernutrisi. Kubis ini bisa memberikan asupan nutrisi yang kurang pada tubuh.

Source: https://kompas.com/

Pasta Bolognese

Ketika sudah mulai sembuh, nafsu makan sudah timbul lagi, Dr. Robert menyarankan untuk mencari makanan yang juga akan membuat kenyang dan meningkatkan protein, contohnya pasta bolognese (saus dengan daging). “Anda bisa makan sepiring pasta yang enak, menaikkan gula darah dengan perlahan tetapi tidak berlebihan,” kata Dr. Robert.

sumber: selerasa.com

Minuman Elektrolit

Cairan sangat penting, maka dari itu pastikan Anda mengonsumsi minuman atau cairan elektrolit, terutama jika mengalami diare dan  muntah. Dengan asupan minuman elektrolit Anda tidak kekurangan kalium dan kadar natrium bisa tetap normal.

Demikianlah beberapa makanan yang dapat membatu kita memulihkan daya tahan tubuh dan menjaga imunitas selama masa pandemi ini. Seraya terus memanjatkan doa semoga pandemi ini segera berlalu.

sumber: doktersehat.com