Rendang merupakan salah satu makanan asli Sumatera Barat. Namun, tidak sedikit orang yang bukan berasal dari Sumatera juga menyukainya. Alhasil, tentu banyak yang berusaha belajar untuk memasak rendang. Hanya saja, banyak yang sering mengulang kesalahan dalam memasak rendang yang seharusnya bisa dihindari. Jika anda mengetahui hal ini, pasti suatu saat anda bisa membuat rendang yang mendekati kata sempurna, loh. Jadi, apa saja kesalahan tersebut? Yuk disimak.

1. Pemilihan Santan

Sudah bukan rahasia lagi jika santan merupakan salah satu bahan utama yang diperlukan saat membuat rendang. Sayangnya, banyak orang mengabaikan hal ini. Mereka hanya tahu bahwasanya rendang harus menggunakan santan. Padahal, ada 2 jenis santan yang bisa anda dapatkan. Yakni santan yang berasal dari kelapa muda dan kelapa tua. Apakah kedua jenis santan ini bisa digunakan untuk memasak? Ya, tentu saja. Namun, agar lebih kental dan gurih, anda disarankan menggunakan santan dari kelapa tua bukan kelapa muda.

source : SehatQ.com

2. Bumbu-Bumbu

Jika anda mencari tahu resep rendang daging secara online, maka percayalah akan ada banyak versi yang sedikit berbeda. Nah, setiap penambahan bumbu akan berpengaruh terhadap rasa masakan. Begitu juga ketika anda ingin memasak rendang. Sangat disarankan anda mengetahui secara tepat penggunaan jumlah dan bumbu-bumbu dengan tepat. Misalnya, berapa banyak sih kelapa tua yang harus diparut? Apakah porsi bumbu yang anda gunakan sudah cukup tepat untuk jumlah daging yang akan dimasak?

3. Potongan Daging

Tahukah anda jika potongan daging sebelum memasak rendang berpengaruh terhadap kualitas hasil masakan? Hal sepele seperti ukuran potongan daging dan cara memotongnya ternyata sangat berpengaruh terhadap keras atau tidaknya daging yang dimasak. Tidak peduli seberapa lama anda memasak rendang tersebut, jika cara potong dan ukurannya salah maka hasilnya tidak maksimal. Sebaiknya potong dari arah berlawanan dengan serat daging. Untuk ukuran pastikan hanya 2 – 3 ruas jari saja. Nah, juga disarankan untuk menggunakan bagian paha agar tidak mudah hancur.

4. Besarnya Api Kompor

Tahukah anda? Memasak rendang membutuhkan waktu yang lumayan lama. Namun, jika anda memasaknya dengan api kompor yang besar maka kemungkinan hasil akhir daging tersebut alot atau keras. Sebab, bumbu belum meresap secara maksimal dan rendang sudah kering dan malah mudah gosong. Untuk itu, masaklah dengan api sedang hingga 2-4 jam lamanya.

source : Hellosehat.com

5. Kualitas Daging

Jangan sembarangan memilih daging untuk dimasak apalagi diolah menjadi masakan Padang ini. Jika tidak ingin hasil dagingnya menjadi keras, maka carilah daging segar. Cara membedakannya? Tentu warna daging tersebut. Jika masih terlihat berwarna cerah atau merah muda maka masih segar. Jika sudah merah cenderung gelap maka hasilnya akan lebih keras. Untuk itu, pilihlah daging premium seperti frozen food yang merupakan produk Kokikit. Hingga hasil daging rendang anda lebih lembut.

6. Merebus Daging

Tahukah anda, jika direbus terlebih dahulu katanya akan mengurangi lamanya waktu memasak rendang. Memang, namun cara ini akan merusak citra rasa rendang tersebut. Karena sari daging akan hilang bersamaan dengan air rebusan daging.

7. Tidak Diaduk

Selain lama, rendang juga harus dimasak dengan cara yang benar. Jika tidak maka hasil dagingnya akan sangat keras. Kebanyakan orang sangat malas mengaduk ketika memasak rendang. Sebab, memasak rendang membutuhkan waktu yang lama. Padahal, jika tidak sering diaduk maka bagian bawah akan mudah gosong dan bumbunya tidak meresap. Untuk itu, selang waktu minimal 10 – 15 menit harus diaduk, ya!

Ketika anda sudah tahu apa saja kesalahan dalam memasak rendang ini, jangan diulangi lagi, ya!