Nama Mandalika saat ini kembali banyak digaungkan sebagai salah satu Kawasan Strategis Pariwisata Indonesia (KSPI). Terutama karena tahun ini menjadi salah satu sirkuit balapan motor yang melegenda di dunia, yaitu Moto GP. Sirkuit inilah yang ramai diperbincangkan orang sebagai sirkuit terindah dengan latar belakang pemadangan laut birunya.

Source: urbanasia.com 

Meski ramai diperbincangkan karena keindahan sirkuitnya, ada beberapa hal menarik lain soal Mandalika yang perlu dibahas, loh. Salah satunya adalah makanan, terutama saat munculnya beberapa pembalap yang mencoba beberapa menu kuliner selama di Mandalika. Mau tau beberapa menu andalan Mandalika yang wajib dicoba?

Ini dia 5 kuliner khas Mandalika yang wajib kamu coba, semuanya enak – enak banget.

Ayam Taliwang

Nama menu ayam Taliwang pastinya sudah banyak dikenal. Kuliner asli Lombok ini begitu kaya rasa rempahnya yang meresap sempurna ke dalam daging ayamnya. Buat kamu yang belum mencoba, buruan cobain, ya

Source: https://koranmemo.com/

Nasi Balap Puyung

Selain ayam Taliwang, olahan ayam lain khas Mandalika adalah Nasi Balap Puyung yang menggunakan ayam sebagai lauk utamanya. Satu porsi nasi balap Puyung ini disajikan dengan suwiran ayam bumbu pedas, kedelai goreng, dan sambal.

Source: https://tribun.com/

Sate Rembiga 

Di lainsir dari laman Suara, selain dikenal dengan olahan ayamnya yang lezat, Mandalika ternyata juga dikenal sebagai Bumi Sejuta Sapi. Oleh karena itu, Mandalika juga memiliki berbagai olahan dari daging sapi. Salah satunya adalah olahan Sate Rembiga. Menu satu ini adalah olahan sate dari daging sapi yang disajikan dengan bumbu kacang yang lezat. 

Source: https://mjnews.id/

Plecing Kangkung 

Siapa yang tidak kenal dengan menu plecing kangkung? Olahan ikonik dari sayur kangkung ini sebenarnya banyak ditemukan dimana – mana. Menu yang disajikan dari rebusan kangkung dan disajikan dengan sambal tomat segar dan perasan jeruk limau dan disajikan dingin. Menu satu ini nikmat banget loh dimakan dengan nasi hangat dan ayam taliwang. 

Source: https://kompas.com/

Ares 

Sajian khas Mandalika yang tak kalah lezat dan khas adalah Ares. Makanan satu ini di olah dari gedebok atau pelepah pisang muda kemudian disajikan dengan campuran santan dengan ares. Rasanya manis, gurih, dan unik! 

Source: https://kompas.com/